Langsung ke konten utama

Pengalaman perpanjangan SIM C luar yogyakarta di yogyakarta ( alur dan biaya)

  

Sumber : Google Maps

    Beberapa waktu lalu, penulis memperpanjang SIM C luar DIY di SATPAS Yogyakarta,Proses ini dilakukan tanpa melalui calo. Secara keseluruhan proses perpanjangan SIM sudah mudah dan cepat.Berikut adalah ringkasan dari pengalaman penulis.Agar proses dapat berjalan lancar, Sebaiknya dilakukan pada waktu minimal 2 minggu sebelum SIM habis masa aktifnya.Karena  berdasar pengalaman penulis bila belum 2 minggu sebelum masa berlaku SIM habis, penulis hanya bisa sampai apda tahap identifikasi, dan diminta kembali apabila sudah 2 minggu sebelum masa berlaku habis



Untuk melakukan pepanjangan SIM luar kota yoguakarta di SATPAS Polres Yogyakarta beberapa berkas yang perlu disiapkan:

  • Fotokopi KTP ( 5lbr)
  • Fotokopi SIM (5lbr) 
  • StopMap berwarna coklat (1 saja) di fotokopian area satpas seharga 2rb

Tidak perlu khawatir, karena terdapat ftotokopi diarea satpas yang menjual stopmap dan melayani fotokopi berkas tersebut, agar lebih aman, datanglah lebih pagi bila ingin menyiapkan berkas tersebut.

Selanjutnya datanglah di SATPAS YK di pagi hari ( jam 08.00) , penulis merekomendasikan datang pada hari sabtu, dikarenakan pada hari sabtu pelayanan yang dibuka hanya pelayanan untuk perpanjangan SIM, sehingga antrian tidak terlalu padat.

1. Proses Identifikasi SIM (biaya 0) - bisa dilakukan beberapa hari sebelumnya

 Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan identifikasi SIM, Langkah ini yang membedakan antara SIM Kota Yogyakarta dan SIM luar Yogyakarta


Berkas yang diperlukan juga  dapat diamati pada gambar( FC KTP, FC SIM, Stopmap). Berkas tersebut ditaruh diatas meja berwarna merah. Setelah itu penulis menunggu beberapa saat Proses ini hanya memakan waktu singkat dan tidak terlalu lama, namun hal ini juga dipengaruhi antrian. Setelah mendapatkan panggilan, kita akan diberikan informasi tentang  syarat dan proses perpanjangan SIM.Sekedar Informasi SIM baru bisa diperpanjang 2 minggu sebelum masa aktif habis

2, Pemeriksaan Kesehatan Jasmani (biaya 25rb)

Setelah proses identifikasi dilakukan 1 bulan sebelumnya, penulis kembali datang ke satpas, kali ini penulis langsung mengantri  untuk cek kesehatan , tempat pemeriksaan kesehatan juga ada di sekitar SATPAS YK, kita hanya perlu keluar dari area satpas (lokasi pemeriksaan kesehatan berada di sebrang  dari satpas)


Pada  tahapan pemeriksaan kesehatan, Kita menunjukkan FC SIM yang sudah dicap Identifikasi. Penulis diperiksa tensi dan kemampuan membedakan warna, biaya yang diperlukan disini adalah 25 ribu rupiah.untuk SIM C Perpanjangan. Kita akan diberikan sebuah surat keterangan

3. Pemeriksaan Kesehatan Rohani ( Test Psikologi) - biaya 50rb

Selanjutnya lanjut ke tahap pemeriksaan psikologi, disini kita perlu berjalan sedikit kearah timur untuk melakukanya. terdapat sejumlah 30 soal untuk dikerjakan , biaya yang diperlukan disini adalah sebesar 50rb untuk sim C perpanjangan.Disini kita juga akan diberikan sebuah surat keterangan juga

4. Menyerahkan Berkas

Selanjutnya setelah proses cek cek ini selesai, penulis antri di satpas dan menyerahkan berkas yang sudah lengkap ( SIM, KTP , FC KTP, FC SIM , Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani). Kemudian kita menunggu lagi selama kurang lebih 30 menit 

Sumber : Google Maps


5. Mengisi Formulir Pendaftaran dan Pembayaran ( biaya 75rb)

Setelah itu, penulis menunggu sebentar, kemudian petugas akan kembali memanggil untuk diberi sebuah formulirformulir dan melakukan pembayaran di loket BANK BRI yang ada didalam satpas , biaya yang dikeluarkan adalah 7ribu ditambah dengan Sumbangan sukarela PMI 5rb , total 80rb

6. Foto

Sumber; google Maps



Setelah melakukan pembayaran, peserta akan diarahkan kedalam ruangan untuk menunggu antrian foto, proses ini tidak terlalu lama juga 

7. Menunggu SIM jadi

Setelah foto kita akan kembali ke ruang tunggu foto dan menunggu SIM selesai dicetak. proses ini juga hanya sebentar

Total biaya yang diperlukan adalah 155.000 rupiah

Total waktu dari Cek kesehatan sampai dengan selesai kurang lebih 2 jam ( datang pagi agar lebih cepat selesai) . penulis datang jam 7 pagi dan jam 9 sim sudah selesai tercetak dan bisa dibawa pulang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbanyak Followers Blog (blospot atau blogger)

Mungkin anda bingung bagaimana  Cara Menambah Followers Blog  yang paling efektif serta tepat sasaran   Nah, Tips Menambah Followers Blog ini akan saya bagikan disini Tentunya semua orang  ingin blognya banyak followers. Blog dipenuhi dengan banyaknya orang - orang yang memfollow blog kita. Blog kita akan  terlihat kerkenal dan juga banyak tidaknya followers blog itu tidak mempengaruhi rank dari blog kita dalam pencarian di google Follower juga akan sedikit menbantu SEO ( Search Engine Optimation ). Tapi lebih baik dan lebih bagus jika followers blog kita itu banyak, mungkin dengan itu semua blog kita bisa dinilai orang - orang  bahwa blog kita itu Selain itu orang yang memfollow kita bia melihat dari dashboardnya tentang posting terbaru kita Cara meningkatkan jumlah followers blog  ini juga membuat blog kita semakin Terkenal atau Populer. Nah, Bagaimana caranya ? saya membagikan artikel tentang Cara Menambah Followers Blog ini un...

Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Seorang Scooterist

Sekedar iseng-iseng nulis berdasarkan pengalaman pribadi tentang kebiasaan-kebiasaan buruk yang gak boleh kita lakukan sebagai scooterist. 1.Tidak membawa toolkit,cadangan spare parts dan ban serep Ada anggapan kalau naik vespa gak bawa toolkit itu sama dengan bunuh diri.Mungkin hal itu ada benarnya     karena bayangin kalau lagi di tengah hutan belantara malem-malem trus mogok dan gak bawa toolkit tebak aja jadinya. Bisa-bisa nginep bareng sama kuntilanak tuh. Tidakmembawa ban serep juga akibatnya hampir sama dengan tidak membawa toolkit dan cadangan spare part. Dan ditambah lagi harus dorong vespa yang berat karena ban kempes ke tukang tambal ban terdekat 2.Membiarkan karet bodi aus Karet bodi aus membuat posisi mesin menjadi miring sehingga kalau dinaikin vespa jadi terasa berat sebelah. Kalau lagi turing hal ini lama kelamaan akan membebani dan bikin cepat lelah. 3.Menceperkan vespa dengan mencopot engine mounting Hal ini perlu dihindari karena dengan mencopot engine ...

Makalah MUTU SOLAR SEBAGAI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL

BAB I PENDAHULUAN 1.1.         Latar Belakang              Bahan bakar solar adalah bahan bakar minyak hasil sulingan dari minyak bumi mentah bahan bakar ini berwarna kuning coklat yang jernih (Pertamina: 2005). Penggunaan solar pada umumnya adalah untuk bahan bakar pada semua jenis mesin Diesel dengan putaran tinggi (diatas 1000 rpm). Minyak solar ini  biasa disebut juga Gas Oil, Automotive Diesel Oil, High Speed Diesel  (Pertamina: 2005). 1.2.           Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan dari Karya Tulis ini   adalah untuk : -           Mngetahui definisi solar -           Mengetahui cara pengukuran Cetane Number -           Mengetahui apa itu Cetane Numer -   ...