Knowledge
Management
Knowledge Management adalah sekumpulan proses untuk
menciptakan, menyimpan, mentransfer dan menerapkan pengetahuan dalam organisasi,
kemudian mengelola pengetahuan dari setiap individu yang ada di kelompok atau
di organisai dan ditambah juga penegetauhan-pengeatahuan lain agar organisai
itu dapat selain itu knowledge Managemet juga menyebarkan dan mentransfer informasi dan expertise
yang merupakan bagian dari memori organisasi dan biasanya ada dalam organisasi
dalam bentuk yang tidak terstruktur.
Rantai
Nilai Knowledge Manajement

Bagan tersebut menggambarkan lima
langkah nilai tambah dalam nilai rantai manajemen pengetahuan. Tahapan tersebut
menambah nilai data mentah dan informasi menjadi pengetahuan yang dapat
digunakan.
5 langkah dalam nilai rantai
manajement pengetahuan
- Pengetahuan Akuisisi (Kemutahiran Pengetahuan)
Perusahaan
harus menciptakan pengetahuan baru dengan menemukan pola di data perusahaan
atau dengan menggunakan workstation pengetahuan di mana insinyur bisa menemukan
pengetahuan baru. Sebuah sistem pengetahuan yang koheren dan terorganisir juga
membutuhkan sistematis data dari sistem pemrosesan transaksi perusahaan yang
melacak penjualan, pembayaran, persediaan,
pelanggan, dan data penting lainnya, serta data dari sumber eksternal seperti
feed news, laporan industri, pendapat hukum, penelitian ilmiah, dan statistik
pemerintah
- Penyimpanan pengetahuan
Penyimpanan pengetahuan melibatkan penciptaan
database. Manajemen harus mendukung pengembangan penyimpanan pengetahuan yang
direncanakan oleh sistem, mendorong pengembangan skema perusahaan besar untuk
mengindeks dokumen. Pemberian penghargaan perlu dilakukan pada karyawan yang
rajin meng-update data. Misalnya, menghargai tenaga penjualan untuk mengirimkan
nama-nama prospek ke database perusahaan bersama prospek di mana semua
penjualan personil dapat mengidentifikasi setiap prospek dan meninjau
penyimpanan data.
- Pengetahuan Diseminasi (Penyebaran Pengetahuan)
Penggunaan Portal, e-mail, instant messaging, wiki,
jaringan sosial, dan mesin pencari merupakan teknologi untuk alat kolaborasi
dan berbagi kalender, dokumen, data, dan grafik. Teknologi kontemporer
tampaknya telah menciptakan banjir informasi dan pengetahuan. “Bagaimana
manajer dan karyawan dapat menemukan, di lautan informasi dan pengetahuan, yang
yang benar-benar penting bagi keputusan mereka dan pekerjaan mereka?” Di
sini, program pelatihan, jaringan informal, dan berbagi pengalaman manajemen
dikomunikasikan melalui bantuan budaya yang mendukung manajer untuk memusatkan
perhatian mereka pada pengetahuan dan informasi penting.
- Pengetahuan Aplikasi
Pengetahuan baru harus dibangun menjadi sebuah proses
bisnis perusahaan dan sistem aplikasi utama, termasuk aplikasi perusahaan untuk
mengelola proses bisnis menjadi kunci internal dalam hubungan dengan pelanggan.
- Membangun Organisasi dan Manajemen Modal: Kolaborasi, Komunitas
Praktek, dan Lingkungan Kantor Communities of Practice(COP)
adalah
jaringan sosial informal yang profesional dimana terdiri dari karyawan dalam
dan di luar perusahaan yang memiliki sejenis kegiatan dan kepentingan yang
terkait dengan pekerjaan. Kegiatan komunitas ini termasuk kelompok
pendidikan, konferensi, newsletter online, berbagi pengalaman dan teknik untuk
memecahkan masalah pekerjaan tertentu. Biasanya dilaksanakan secara online,
contoh : IBM.
Aktivitas
dalam Rantai Nilai Knowledge Management
- Transformasi Kenyataan Menjadi Data melalui
observasi
Suatu tanda menujukkan
keadaan suatu fakta, kondisi atau
kualitas disebut sebagai sinyal. Proses Transformasi melibatkan persepsi
terhadap suatu hal yang belum diproses menjadi data dengan suatu sensor baik
sensor Artificial Intelegence maupun manusia.
Observasi dilakukan dengan
memperhatikan secara seksama fenomena dengan analisis dan diagnosis yang
melibatkan penggunaan alat perekam atau instrument tertentu
- Transformasi data menjadi informasi adalah
menyandikan data melalui konsep aktivitas struktur
Kode adalah kumpulan simbol,
yang memiliki arti tertentu untuk menrasnfer infromasi. Proses ini terdiri dari
membuat konsep yang akan berhubungan dengan kelas entitas dan terdiri dari
atribut dasar suatu kelas atau kategori
- Transformasi informasi Menjadi Pengetahuan
melalui pembelajaran
Model adalah
deskripsi skematik dari sistem yang digunakan untuk pembelajaran lanjut dengan
dukungan teori. Teori ini digunakan secara umum untuk menjelaskan varietas dari
fenomena tertentu . Proses ini melibatkan kemampuan kognitif untuk memahami
informasi
- Transformasi Pengetahuan menjadi komptensi dengan
menerapkan sejumlah praktek melalui aksi dan pengalaman.
Praktek dilakukan terus
menerus dengan tujuan mempelajari suatu keahlian dan dilakukan dengan langkah
langkah aksi kecil yang diatur sedemikain rupa untuk mencapai tujuan
- Transformasi kompetensi menjadi kapabilitas
pengambilan keputusan
Kapabilitas untuk merancang
suatu strategis melibatkan pengetahuan perusahaan dan pengamatan yang cerdas
terhadap pengembangan perusahaan lebih lanjut.
Tipe Knowledge Management System
- Enterprise-Wide-Knowledge
Management Systems
Merupakan sekumpulan
teknologi untuk menyimpan konten yang terstruktur maupun tidak terstruktur, mencari kepakaran pekerja, mencari
informasi, penyebaran pengetahuan, dan menggunakan data dari key corporate
systems.
Tipe ini digunakan
untuk tujuan yang umum, yaitu untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan
dan menerapkan konten
dan pengetahuan digital.
Ada 3 jenis Enterprise-Wide-Knowledge Management
Systems,
yaitu:
-
Structured
knowledge systems
Menyediakan basis data
dan tool untuk mengorganisir dan menyimpan structured knowledge yang ada dalam
bentuk dokumen formal.
-
Semistructured
knowledge systems
Menyediakan basis data
dan tool untuk mengorganisir dan menyimpan structured knowledge yang tidak
dalam bentuk laporan atau dokumen formal seperti e-mail dan brosur.
-
Knowledge
networks
Untuk mengubah tacit,
unstructured knowledge menjadi explicit knowledge yang dapat di-shared dalam basis data
- Knowledge Work Systems
Merupakan sistem
khusus yang memungkinkan para peneliti, engineers dan knowledge worker lainnya
menemukan pengetahuan-pengetahuan baru dan mengaplikasikannya dalam perusahaan.
Peran Knowledge workers terhadap organisasi dan kepada manajemen organisasi
yaitu:
-
Menjaga agar organisasi senantiasa terbarukan dalam pengetahuan.
-
Sebagai konsultan internal sesuai area pengetahuan mereka
-
Berperan sebagai agen perubahan
Knowledge Work
Systems dapat memungkinkan pekerja untuk menciptakan pengetahuan baru dan mendistribusikankannya
ke pihak lain.
Contohnya adalah
Virtual Reality System. VR menggunakan software grafis interaktif untuk
membantu perancang, arsitek, teknisi, dan petugas medis, dengan menghadirkan
simulasi tiga dimensi yang presisi.
- Inteligent Techniques
Intelligent
Techniques adalah teknik yang digunakan untuk menemukan pola dalam penerapan
knowledge serta memisahkan pengetahuan tersebut sesuai dengan kategori. Teknik
ini berfungsi untuk menangkap pengetahuan individu dan kolektif kemudian
memperluasnya basis pengetahuan, menggunakan teknologi kecerdasan buatan dan
database. Bertujuan untuk membangkitkan solusi untuk masalah yang sangat
kompleks, menggunakan algoritma genetika
Macam-maca
Intelligent Techniques berdasarkan kegunaannya adalah:
-
Expert System, Logika fuzzy untuk menangkap pengetahuan.
-
Neural networks & Data Mining untuk penemuan pengetahuan
-
Genetic Algorithms untuk menemukan solusi untuk masalah yang kompleks
-
Intelligent Agents untuk Teknik otomasi
Sumber :
http://tsaraazizah.blog.upi.edu/2015/11/01/rangkuman-sim-bab-11-mengelola-pengetahuan-managing-knowledge/
https://www.researchgate.net/profile/Jean-Louis_Ermine/publication/272731129_A_Knowledge_Value_Chain_for_Knowledge_Management/links/55b632fa08ae092e9655c752/A-Knowledge-Value-Chain-for-Knowledge-Management.pdf
https://managingknowledge.weebly.com/managing-knowledge.html
Komentar
Posting Komentar
Silahkan berkomentar memberi pendapat yang berhubungan
Sampaikan pertanyaan anda apabilla ada yang ingin ditanyakan
Sampaikan Saran dan kritik yang membangun
• DILARANG Spamming
• DILARANG Menaruh link porno
• DILARANG Menaruh link Judi
• DILARANG Menaruh link MLM
untuk promosi blog silahkan gabung di https://www.facebook.com/groups/bloggerindoID/
Atas Perhatian dan kerjasamanya saya mengucapkan terimakasih