Langsung ke konten utama

Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Seorang Scooterist

Sekedar iseng-iseng nulis berdasarkan pengalaman pribadi tentang kebiasaan-kebiasaan buruk yang gak boleh kita lakukan sebagai scooterist.


1.Tidak membawa toolkit,cadangan spare parts dan ban serep
Ada anggapan kalau naik vespa gak bawa toolkit itu sama dengan bunuh diri.Mungkin hal itu ada benarnya    
karena bayangin kalau lagi di tengah hutan belantara malem-malem trus mogok dan gak bawa toolkit tebak aja jadinya. Bisa-bisa nginep bareng sama kuntilanak tuh. Tidakmembawa ban serep juga akibatnya hampir sama dengan tidak membawa toolkit dan cadangan spare part. Dan ditambah lagi harus dorong vespa yang berat karena ban kempes ke tukang tambal ban terdekat

2.Membiarkan karet bodi aus
Karet bodi aus membuat posisi mesin menjadi miring sehingga kalau dinaikin vespa jadi terasa berat sebelah. Kalau lagi turing hal ini lama kelamaan akan membebani dan bikin cepat lelah.

3.Menceperkan vespa dengan mencopot engine mounting
Hal ini perlu dihindari karena dengan mencopot engine mounting di sokbreker belakang membuat tekanan yang diterima dudukan sok belakang bakal lebih keras dan membuat dudukan sok belakang jebol. Jadi sebisa mungkin kalau mau menceperkan sok belakang menghindari mencopot engine mounting, bisa dilakukan dengan mencopot baut pengganjal sok atau memotong per sokbreker belakang asal jangan terlalu banyak.

4.Memasang aksesori yang tidak fungsional
Misal memasang windshield yang terlalu tinggi sampai menutupi muka akan membuat pandangan terganggu terutama kalau lagi hujan. Selain itu juga akan mengganggu pengendalian.

5.Memasang standar samping yang dibaut di lantai
Seringkali para pengguna vespa memasang standar samping untuk memudahkan kalau lagi parkir atau alasan lainnya. Tetapi hal itu kebanyakan malah membuat lantai bisa bengkok terutama kalau standar samping itu dipasang di dudukan standar tengah karena tekanan yang didapat saat vespa distandarkan akan berat sebelah.

6.Menambal lantai dengan plat bordes atau plat yang lebih tebal
Kadang kadang ada pengguna vespa yang menambal lantai vespanya yang keropos memakai plat yang lebih tebal dengan alas an supaya lebih kuat dan awet. Padahal menambal lantai dengan plat bordes atau plat yang lebih tebal akan membuat keelastisan bodi menjadi berkurang. Efeknya vespa akan terasa kaku kalau dinaiki karena konstruksi bodi jadi lebih rigid.

7.Tidak mengontrol kondisi dan kebersihan kabel-kabel persneling,gas.kopling dan rem
Konstruksi mesin dan bodi vespa terdapat banyak kabel yang digunakan untuk mengoperasikan vespa sendiri. Kadangkala kita lupa untuk mengecek kondisi kabel-kabel tersebut. Padahal kalau seratnya sudah pada lepas atau kotor seringkali macet dan membuat gas, persneling, kopling akan berat bahkan macet. Hal ini bisa membahayakan kalau lagi asyik riding tiba-tiba gas gak mau diturunin atau rem gak mau diinjak (Saya sendiri pernah mengalaminya beberapa kali).

8.Menghajar lubang jalanan terlalu keras
Menghajar lubang jalanan akan berefek lebih banyak pada vespa daripada motor lain. Selain guncanganya akan terasa lebih keras, hal ini akan berakibat pada Fork depan bengkok, laher roda pecah dan velg penyok yang akan mengganggu handling vespa kita.

9.Kebiasaan memiringkan vespa pada saat menghidupkan mesin
Kadangkala untuk menghidupkan mesin kita perlu menggunakan jurus ”anjing kencing”. Dengan cara memiringkan bodi vespa untuk mengalirkan bensin. Kebiasaan ini kalau terlalu sering dilakukan akan membuat karet bodi akan cepat aus karena menerima beban berlebih dari satu sisi. Jadi jangan keseringan melakukan kebiasaan ini.Lebih baik gunakan cuk.

10.Menyelah Vespa dalam keadaan tidak distandar tengah
Kebiasaan ini kalau gak keseringan mungkin gak akan berpengaruh langsung.
Tetapi kalau terlalu lama dilakukan akan membuat bodi vespa miring ke kanan bagian depannya karena ada tekanan dari bagian belakang saat menginjak kick starter.

Sumber: http://vespa-indonesia.web.id/index.php?PHPSESSID=503384a7628430fdf120aa746e988b46&topic=17302.0 -

VsPanji

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbanyak Followers Blog (blospot atau blogger)

Mungkin anda bingung bagaimana  Cara Menambah Followers Blog  yang paling efektif serta tepat sasaran   Nah, Tips Menambah Followers Blog ini akan saya bagikan disini Tentunya semua orang  ingin blognya banyak followers. Blog dipenuhi dengan banyaknya orang - orang yang memfollow blog kita. Blog kita akan  terlihat kerkenal dan juga banyak tidaknya followers blog itu tidak mempengaruhi rank dari blog kita dalam pencarian di google Follower juga akan sedikit menbantu SEO ( Search Engine Optimation ). Tapi lebih baik dan lebih bagus jika followers blog kita itu banyak, mungkin dengan itu semua blog kita bisa dinilai orang - orang  bahwa blog kita itu Selain itu orang yang memfollow kita bia melihat dari dashboardnya tentang posting terbaru kita Cara meningkatkan jumlah followers blog  ini juga membuat blog kita semakin Terkenal atau Populer. Nah, Bagaimana caranya ? saya membagikan artikel tentang Cara Menambah Followers Blog ini un...

Makalah MUTU SOLAR SEBAGAI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL

BAB I PENDAHULUAN 1.1.         Latar Belakang              Bahan bakar solar adalah bahan bakar minyak hasil sulingan dari minyak bumi mentah bahan bakar ini berwarna kuning coklat yang jernih (Pertamina: 2005). Penggunaan solar pada umumnya adalah untuk bahan bakar pada semua jenis mesin Diesel dengan putaran tinggi (diatas 1000 rpm). Minyak solar ini  biasa disebut juga Gas Oil, Automotive Diesel Oil, High Speed Diesel  (Pertamina: 2005). 1.2.           Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan dari Karya Tulis ini   adalah untuk : -           Mngetahui definisi solar -           Mengetahui cara pengukuran Cetane Number -           Mengetahui apa itu Cetane Numer -   ...