Langsung ke konten utama

LAPORAN PENGAMATAN SEPEDA MOTOR

BAB 1
Pendahuluan
1.1    Latar Belakang Masalah
Banyaknya merek dan model sepeda motor di jaman sekarang terkadang membuat masyarakat bingung dalam memilihnya. Dan dari bermacam macam motor itu tedapat berbagai karakter

1.2     Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah

·        Bagaimana cara memilih sepeda motor yang cocok dengan kita?
·        Apa pentingnya mempunyai sepeda motor yang cocok dengan kita?
·        Berapa masyarakat yang memilih motor sebagai alat tranportasi mereka?
·        Apa merk dan model sepeda motor yang lebih disukai masyarakat?


1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian ini adalah
·        Membantu masyaarakat agar tidak terjebak dengan berbagai promosi dari pihak produsen.
·        Mendisikripsikan berapa jumlah motor yang  dipakai masyarakat
·        Mendiskripsikan alasan seseorang memilih jenis atau merk motor tertentu
·        Menemukan motor yang paling cocok bagi masyarakat

1.4    Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data  ini adalah metode penelitian lapangan. Peneliti mengamati jumlah sepeda motor yang melintasi Jl A. Yani pada tanggal 14 November 2012 Jam 11.30 sampai 12.00




BAB 2
Pembahasan
1 Karakter Jenis jenis Sepeda motor
Sepeda motor yang beredar di pasaran ada banyak merk dan jenis.Masing masing merk bisa  memiliki 5 jenis atau lebih. Berikut adalah deskripsi karakter masing masing motor
1.1 Honda
Berikut tabel dan grafik pengguna  Sepeda Motor Honda yang lewat Di Jl A Yani Cilacap Pada hari Rabu 14 November 2012 dari jam 11.30-12.00

HONDA
Jenis Motor
Banyak Pengguna
Supra
70
Vario
41
Revo
40
Beat
29
Astrea
20
Blade
4
Scoopy
3
Binter
2
CBR
2
Megapro
2
TOTAL
215


Dari grafik dan tabel tadi kita dapat menyimpulkan jumlah motor honda yang dipakai masyarakat berjumlah 215. Dengan rincian Supra: 70 motor, Vario 41 motor, Revo 40 motor, Beat 29 motor, Astrea 20 motor Blade 4, Scoopy 3, Binter 2, CBR 2 , Megapro 2. Dengan begitu motor bertransmisi manual merk Honda yang paling banyak dipakai masyarakat adalah Supra disusul Revo kemudian Astrea dan Blade serta CBR dan Binter.Dan untuk kategori motor bertransmisi otomatis Honda yang paling banyak dipakai masyarakat adalah Vario disusul Beat.
Berikut spesifikasi beberapa motor yang paling banyak digunakan masyarakat

Spesifikasi Honda Supra X 125 CW:
·         Panjang X lebar X tinggi: 1.932 x 711 x 1.092 mm
·         Jarak Sumbu Roda: 1.258 mm
·         Jarak terendah ke tanah: 135 mm
·         Berat kosong: 107 kg
·         Tipe rangka: Tulang punggung
·         Tipe suspensi depan: Teleskopik
·         Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan sokbreker ganda
·         Ukuran ban depan: 70/90 17 M/C 38P
·         Ukuran ban belakang: 80/90 17 M/C 44P
·         Rem depan: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
·         Rem belakang: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
·         Kapasitas tangki bahan bakar: 5,6 liter
·         Tipe mesin: 4 langkah, SOHC
·         Diameter x langkah: 52,4 x 57,9 mm
·         Volume langkah: 124,8 cc
·         Perbandingan Kompresi: 9,3 : 1
·         Daya Maksimum: 9,63 PS / 7.500 rpm
·         Torsi Maksimum: 1,08 kgf.m / 5.500 rpm
·         Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,7 liter pada penggantian periodik
·         Kopling Otomatis:
·         Gigi Transmsi: 4 kecepatan rotari / bertautan tetap
·         Pola Pengoperan Gigi: N-1-2-3-4-N (rotari)
·         Starter: Pedal dan elektrik
·         Aki: MF 12 V 3,0 Ah
·         Busi: ND U20EPR9, NGK CPR6EA-9
·         Sistem Pengapian: Full Transisterized, Battery
·          HARGA : Rp 12,875,000


Didapatkan kelebihan dan kekurangan Supra X 125
Kelebihan Supra X 125 :
·        Mesinnya 125cc
·        Tarikan pertamanya kencang kalau dirawat dengan benar
·        Bagasi 4,5 l
·        Lampu belakang elegan
·        Irit oli
·        Speedometer menggunakan backlamp

Kekurangan Supra X 125:

·        body berat
·        body tidak berbentuk body motor race
·        harganya agak mahal  sekitar 15 juta
·        suara mesin agak kasar,
·        anak kunci standar
·        suspensi sangat keras

















Spesifikasi Honda Revo CW:
  • Panjang X lebar X tinggi: 1.919 x 709 x 1.080 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 1.227 mm
  • Jarak terendah ke tanah: 135 mm
  • Berat kosong: 98 kg
  • Tipe rangka: Tulang punggung
  • Tipe suspensi depan: Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan sokbreker ganda
  • Ukuran ban depan: 70/90 - 17 M/C 38P
  • Ukuran ban belakang: 80/90 - 17 M/C 44P
  • Rem depan: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Rem belakang: Tromol
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 3,7 lt
  • Tipe mesin: 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
  • Diameter x langkah: 50 x 55,6 mm
  • Volume langkah: 109,1 cc
  • Perbandingan Kompresi: 9,0 :1
  • Daya Maksimum: 8,46 PS/7.500 rpm
  • Torsi Maksimum: 0,86 kgf.m/5.500 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,8 lt pada pergantian periodik
  • Kopling Otomatis: Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
  • Gigi Transmsi: 4 kecepatan bertautan tetap
  • Pola Pengoperan Gigi: N - 1 - 2 - 3 - 4 - N
  • Starter: Pedal dan Elektrik
  • Aki: MF 12 V - 3 Ah
  • Busi: ND U20EPR9S, NGK CPR6EA-9S
  • Sistem Pengapian: DC-CDI, Battery
·         HARGA : Rp 12,875,000






Honda revo adalah salah satu varian motor bebek yang banyak dibeli oleh masyarakat pengguna motor. Honda revo mulai diproduksi dan dipasarkan sekitar tahun 2008. Motor honda revo banyak dibeli oleh konsumen karena memiliki banyak keunggulan atau kelebihan.
Kelebihan Motor Revo :
·        Honda Revo sangat irit dalam pemakaian Bensin. (motor yang termasuk irit BBM)
·        Honda revo juga punya harga yang cukup murah. Hanya dijual dikisaran 10-11 jutaan.
·         Jika anda punya honda Revo, membersihkan motor ini terbilang mudah karena celah-celah di mesin sedikit. Sehingga motor Revo akan terus kinclong.
·        Honda Revo sangat nyaman dipakai untuk berboncengan, apalagi kalau mau bepergian jarak jauh. Sadel motor ini, serasa duduk di mobil keluarga.
·        Honda Revo pun tak kalah jika diadu kecepatannya dengan motor sejenis di kelasnya.
·         Dan yang terakhir adalah sangat awet, apalagi jika pemeliharaannya bagus.
·        Ground clearance nya lumayan tinggi. Nggak perlu kuatir ketika lewat polisi tidur maupun ketika menikung dengan kemiringan tajam.
·        Cukup lincah untuk main kelak-kelok. Karena bodinya yang kurus. Handling nya bagus didukung dengan setang yang menekuk bergaya racing.

Kekurangannya
·        Akselerasi yang lambat. Wajar saja karena bore x stroke nya hanya 50mm x 49,5mm
·         Aerodinamika kurang baik sehingga mudah goyang. Ini karena bodi pada bagian bebeknya terlalu kurus
·         Sok absorber pada roda belakang terlalu lunak sehingga ketika melibas tikungan pada jalan bergelombang, terasa sedikit kehilangan traksi akibat gaya pegas yang ditimbulkan.
·         Ujung bodi belakang akan longgar kalau sering-sering dibuka.






Spesifikasi Honda VARIO CW:
·         Panjang X lebar X tinggi: 1.897 x 680 x 1.083 mm
·         Jarak Sumbu Roda: 1.273 mm
·         Jarak terendah ke tanah: 132.5 mm
·         Berat kosong: 99,3 kg
·         Tipe rangka: Tulang punggung
·         Tipe suspensi depan: Teleskopik
·         Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
·         Ukuran ban depan: 80/90 - 14 M/C 40P
·         Ukuran ban belakang: 90/90 - 14 M/C 46P
·         Rem depan: Cakram hidrolik dengan piston ganda
·         Rem belakang: Tromol
·         Kapasitas tangki bahan bakar: 3,6 liter
·         Tipe mesin: 4 langkah, SOHC pendinginan dengan cairan
·         Diameter x langkah: 50 x 55 mm
·         Volume langkah: 108 cc
·         Perbandingan Kompresi: 10,7 : 1
·         Daya Maksimum: 8,99 PS/8.000 rpm
·         Torsi Maksimum: 0,86 kgf.m/6.500 rpm
·         Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,7 liter pada penggantian periodik
·         Kopling Otomatis: otomatis, sentrifugal, tipe kering
·         Gigi Transmsi: Otomatis V-Matic
·         Pola Pengoperan Gigi: -
·         Starter: Pedal dan Elektrik
·         Aki: 12 V - 3,5 Ah
·         Busi: ND U22FER9, NGK CR7EH-9
·         Sistem Pengapian: DC-CDI, Baterai
·         HARGA : Rp 14,450,000
           




Kita melihat kelebihan dan kekurangan Honda Vario
Kelebihannya:
·         Liquid Cooling sehingga motor lebih dingin
·         hemat
Kelemahannya:
·         Mesinnya 110 CC
·         Mahal
·         Hemat

















Spesifikasi Honda BeAT CW:

·         Panjang X lebar X tinggi: 1.859 x 676 x 1053 mm
·         Jarak Sumbu Roda: 1240 mm
·         Jarak terendah ke tanah: 156 mm
·         Berat kosong: 89,3 kg
·         Tipe rangka: Tulang punggung
·         Tipe suspensi depan: Teleskopik
·         Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
·         Ukuran ban depan: 80/90 - 14 M/C 40P
·         Ukuran ban belakang: 90/90 - 14 M/C 46P
·         Rem depan: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
·         Rem belakang: Tromol
·         Kapasitas tangki bahan bakar: 3,5 liter
·         Tipe mesin: 4 langkah, OHC pendingin udara
·         Diameter x langkah: 50 x 55 mm
·         Volume langkah: 108 cc
·         Perbandingan Kompresi: 9,2 : 1
·         Daya Maksimum: 8,22 PS/8.000 rpm
·         Torsi Maksimum: 0,85 kgf.m/5.500 rpm
·         Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,7 liter pada penggantian periodik
·         Kopling Otomatis: otomatis, sentrifugal, tipe kering
·         Gigi Transmsi: Otomatis V-Matic
·         Pola Pengoperan Gigi: -
·         Starter: Pedal dan Elektrik
·         Aki: MF 12 V - 3 Ah
·         Busi: ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
·         Sistem Pengapian: DC-CDI, Baterai
·Harga Rp 12,650,000




Dari Sumber : http://destinationheavenindonesia.blogspot.com/2010/04/keunggulan-kelemahan-honda-beat-versi.html
Kita mendapatkan kelebihan dan kekurangan honda BeAT
Kelebihannya:
·         Logonya bagus, strippingnya sederhana dan tidak norak.
·         Bodi ditengah ada space lega yang bisa dipakai buat bawa-bawa
·         Selain itu Ada gantungan bawaan untuk membawa tas atau barang lain.
·         Ada bagasi kecil dibodi sayap motor
·         Lampunya mewah, besar dan futuristik
·         Kunci ganda
·         Tampilan speedometernya cukup sederhana dimalam hari juga jelas tampilan speedometernya
·         Standar Otomatis (mesin akan otomatis mati jika standar samping diturunkan) dan tidak bisa hidup jika standar samping masih diturunkan ( Mencegah kelupaan menaikkan standar)
·         Motor Pendek sehingga nyaman untuk semua orang baik tinggi atau pendek.
Kekurangannya
·         Bagasi Kecil
·         masih karburator (relatif lbh boros drpd yg sudah injeksi),
·         suara starter kasar




1.2 Yamaha

Setelah tadi kita megulas motor honda sekarang mari kita lihat tabel dan grafik pengguna  Sepeda Motor Yamaha yang lewat Di Jl A Yani Cilacap Pada hari Rabu 14 November 2012 dari jam 11.30-12.00. Jumlah kendaraan Yamaha yang lewat adalah 100
Merek Yamaha (http://forum.kompas.com/motor-corner/70188-kelemahan-dan-keunggulan-motor-yamaha-vixion.html)

Berdasarkan sumber yang dirujuk atau dikeluarkan oleh pihak Yamaha mempunyai karakter sebagai berikut :
A.    Kelemahan dan keunggulan Yamaha Vixion

Berikut ini beberapa kelemahan dan keunggulan motor vixion, adalah sebagai berikut.

Kelemahan:
·         Shock breker yang terlalu empuk,membuat sedikit oleng ketika dipake berkelok atau menikung
·         Elektrik starter yang sering macet, terutama jika terkena air, paling sering mati. Jadi harus menggunakan kick starter.
·         Sistem oper gigi yang susah di netralin, bahkan ada juga yang susah masuk ke gigi 2
·         Munculnya karat pada sambungan sambungan rangka, membuat tampilan yang sebelumnya kelihatan gahar menjadi ringkih.
·         Fuel pumpnya, terkadang bermasalah kalau terlalu lama kena terik matahari.
keunggulan:
·         Performa. Akselerasinya lebih terasa diputaran menengah ke atas yakni di atas 6000 rpm.s
·         Konsumsi BBM. Sistem bahan bakar injeksi mampu menuplai campuran gas lebih akurat membuat konsumsi bensin jadi lebih irit dan efisien.
·         Bagi anak muda, penampilan vixion sangat mudah untuk dilakukan modifikasi
·         Teknologi. Radiator dan juga sistem injeksi
·         Harga jual kembali yang cukup tinggi, mengingat besarnya order pada motor baru.


2.3 Suzuki
Setelah tadi kita megulas motor Honda dan Yamaha sekarang mari kita lihat jumlah  pengguna  Sepeda Motor Suzuki yang lewat Di Jl A Yani Cilacap Pada hari Rabu 14 November 2012 dari jam 11.30-12.00. Kendaraan Suzuki yang lewat adalah 19
Merek Suzuki

Berdasarkan sumber yang dirujuk atau dikeluarkan oleh pihak Honda mempunyai karakter sebagai berikut :
A.Kelemahan dan kelebihan Zuzuki Thunder


Kelebihan Suzuki Thunder 125cc (http://masdoe.com/kelemahan-dan-kelebihan-suzuki-thunder-125cc.htm)

1.    Harganya relative terjangkau untuk motor sport antara 120cc-125cc
2.    Nyaman untuk di gunangan dalam kota, dan juga nyaman digunakan untuk touring
3.    Ukuran tangki bahan bakar lebih besar, jadi tidak perlu mondar mandir ke Pom Bensi
4.    Cukup irit untuk varian motor laki
Kekurangan Suzuki Thunder 125cc (http://newbiealwayslearn.blogspot.com/2011/07/kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-thunder.html)
1.    Tak bisa lari kencang, tarikan kurang, karena rasio daya mesin dan bobot badan terlalu kecil
2.    Rem belakang masih tromol, tapi bisa diganti rem cakram.
3.    Peredam-kejut (shock-breaker) masih biasa saja, tapi bisa diganti dengan yang canggih.
4.    Tak ada sistem pengaman (security) untuk pencurian, harus ditambahkan sendiri
5.    Lampu belok (sign lamp) tak otomatis padam sendiri
6.    Kelistrikan kurang canggih, tapi gampang dimodifikasi.





2.4 Merk Lain
Setelah tadi kita megulas motor Honda dan Yamaha serta Suzuki sekarang mari kita lihat tabel jumlah pengguna  Sepeda Motor Merk Lain yang lewat Di Jl A Yani Cilacap Pada hari Rabu 14 November 2012 dari jam 11.30-12.00. Jumlah Kendaraan suzuki yang lewat adalah 19 .

Vespa
3
Kawasaki
12
Merk Lain
12


1.1)       Merek Kawasaki

Berdasarkan sumber yang dirujuk atau dikeluarkan oleh pihak Honda mempunyai karakter sebagai berikut :
A. Kelemahan dan kelebihan Kawasaki Athlete 2011



Kelebihan Kawasaki Athlete 2011
·       Tangki ada di depan
·       Stabil untuk ukuran motor bebek
·       Monoshock empuk
·       Disk branke depan belakang
·       Bentuk unik bebek sporty
·       Lampu belakang dan depan design keren
·       Parsneling gigi yang empuk
·       Setang jepit bisa ganti variasi, tinggi atau pendek
·       Harga terjangkau
·       Tarikan di rpm atas 100 kpj gigi 3
·       Lebih irit
Kekurangan Suzuki Athlete 2011
·       Ban standar ax licin
·       Jok keras dan licin
·       Mesin getar dan berat
·       Tidak ada indicator parsneling
·       Tidak ada penunjuk bensi, hanya ada lampu indicator bensi
·       Tidak ada takometer
·       Tidak ada jenis kopling manual
·       Rem kurang pakem

1.2)       Merek Vespa


A.Kelebihan Vespa dari motor lainnya (http://felikaito.blogspot.com/2012/03/kelebihan-motor-vespa-dibanding-motor.html)

Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok.dan vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern sampai saat ini. Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis, karena harganya yang relatif murah tapi tetap berkualitas. akhir-akhir ini pula vespa mulai mengeluarkan produk baru nya yaitu vespa matic. Kini vespa sudah menjadi salah satu motor antik dan awet dalam hal mesin. Kabarnya motor ini memiliki kelebihan dibandingkan sepeda motor lainnya. Katanya kebanyakan orang sih setelah menaiki dan mengendarai motor ini nyaman dan aman saat berkendara, dikarenakan body dan capnya buku besar untuk menjaga keseimbangan motor ini.

Kelebihan dari
motor vespa dibanding motor lainnya.
  • Konstruksi mesin lebih sederhana
  • Tingkat perawatan mesin lebih mudah karena tidak memerlukan mekanisme katup untuk pengaturan pemasukan bahan bakar maupun pembuangan gas sisa pembakaran
  • Pemakaian oli mesin (oli transmisi) lebih hemat karena oli mesin tidak melumasi komponen pembakaran
  • Tarikan/akselerasi spontan
  • Sistem pendingin mesin menggunakan udara yang diatur oleh “rotor with fan” sehingga lebih stabil sesuai dengan tingkat kecepatan mesin
  • Sistem penggerak tenaga langsung (sistem transmisi roda gigi) tanpa perantara rantai sehingga efesiensi tenaga lebih besar sehingga daya tanjaknya lebih kuat
  • Pengemudi terbebas dari panas mesin karena seluruh mesin tertutup sehingga tingkat kenyamanan saat mengendarai lebih terjamin
  • Dalam kondisi medan berair/berlumpur kaki terbebas dari percikan air/lumpur karena dilengkapi dengan lantai/dek
  • Dilengkapi dengan roda cadangan sehingga bila salah satu ban kempes/bocor bisa langsung diganti
  • Ban depan dan ban belakang bisa saling tukar sekaligus dengan peleknya


















Bab 3
Kesimpulan dan saran

Setelah tadi kita melihat jumlah serta kekurangan dan kelebihannya masing masing motor kami menyimpulkan:
MERK
BANYAKNYA
HONDA
215
Yamaha
100
Suzuki
19
Kawasaki
9
Vespa
3
Merk Lain
12
TOTAL
358




          Sesuai Pilihan Masyarakat maka Honda menjadi pilihan masyarakat  yang utama.
Selain Cocok di kantong juga lumayan untuk perfomanya. Pilihan kedua adalah Yamaha. Kedua motor tersebut saling bersaing untuk menjadi pilihan masyarakat. Perbedaannya hanya di merk. Sebenarnya motor apapun kalau tidak bisa merawat pasti jelek. Kuncinya adalah di perawatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah MUTU SOLAR SEBAGAI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL

BAB I PENDAHULUAN 1.1.         Latar Belakang              Bahan bakar solar adalah bahan bakar minyak hasil sulingan dari minyak bumi mentah bahan bakar ini berwarna kuning coklat yang jernih (Pertamina: 2005). Penggunaan solar pada umumnya adalah untuk bahan bakar pada semua jenis mesin Diesel dengan putaran tinggi (diatas 1000 rpm). Minyak solar ini  biasa disebut juga Gas Oil, Automotive Diesel Oil, High Speed Diesel  (Pertamina: 2005). 1.2.           Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan dari Karya Tulis ini   adalah untuk : -           Mngetahui definisi solar -           Mengetahui cara pengukuran Cetane Number -           Mengetahui apa itu Cetane Numer -   ...

Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Seorang Scooterist

Sekedar iseng-iseng nulis berdasarkan pengalaman pribadi tentang kebiasaan-kebiasaan buruk yang gak boleh kita lakukan sebagai scooterist. 1.Tidak membawa toolkit,cadangan spare parts dan ban serep Ada anggapan kalau naik vespa gak bawa toolkit itu sama dengan bunuh diri.Mungkin hal itu ada benarnya     karena bayangin kalau lagi di tengah hutan belantara malem-malem trus mogok dan gak bawa toolkit tebak aja jadinya. Bisa-bisa nginep bareng sama kuntilanak tuh. Tidakmembawa ban serep juga akibatnya hampir sama dengan tidak membawa toolkit dan cadangan spare part. Dan ditambah lagi harus dorong vespa yang berat karena ban kempes ke tukang tambal ban terdekat 2.Membiarkan karet bodi aus Karet bodi aus membuat posisi mesin menjadi miring sehingga kalau dinaikin vespa jadi terasa berat sebelah. Kalau lagi turing hal ini lama kelamaan akan membebani dan bikin cepat lelah. 3.Menceperkan vespa dengan mencopot engine mounting Hal ini perlu dihindari karena dengan mencopot engine ...

Makalah Fisika Entropi

ENTROPI DISUSUN OLEH: Nyoman Chandra (13) XI MIA 1 SMA YOS SUDARSO CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN 1.1.          Latar Belakang             Dalam mempelajari fisika banyak istilah yang digunakan untuk mendiskripsikan suatu hal. Salah satunya dalah entropi. Untuk lebih memahami pengguanaan istilah entropi dan penerapannya maka ada perlunya kita mempelajari istilah tersebut 1.2.          Rumusan Masalah 1.       Apa yang dimaksud entropi? 2.       Bagaimana proses penemuan istilah entropi ? 3.       Bagaimana penerapan entropi dalam kehidupan sehari hari? 1.3.          Tujuan Penulisa...