BAB
1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Banyaknya merek dan model sepeda motor di jaman
sekarang terkadang membuat masyarakat bingung dalam memilihnya. Dan dari
bermacam macam motor itu tedapat berbagai karakter
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah
·
Bagaimana
cara memilih sepeda motor yang cocok dengan kita?
·
Apa
pentingnya mempunyai sepeda motor yang cocok dengan kita?
·
Berapa
masyarakat yang memilih motor sebagai alat tranportasi mereka?
·
Apa
merk dan model sepeda motor yang lebih disukai masyarakat?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan
Penelitian ini adalah
·
Membantu
masyaarakat agar tidak terjebak dengan berbagai promosi dari pihak produsen.
·
Mendisikripsikan
berapa jumlah motor yang dipakai
masyarakat
·
Mendiskripsikan
alasan seseorang memilih jenis atau merk motor tertentu
·
Menemukan
motor yang paling cocok bagi masyarakat
1.4 Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah metode penelitian lapangan.
Peneliti mengamati jumlah sepeda motor yang melintasi Jl A. Yani pada tanggal
14 November 2012 Jam 11.30 sampai 12.00
BAB 2
Pembahasan
1 Karakter Jenis jenis Sepeda motor
Sepeda
motor yang beredar di pasaran ada banyak merk dan jenis.Masing masing merk bisa
memiliki 5 jenis atau lebih. Berikut
adalah deskripsi karakter masing masing motor
1.1 Honda
Berikut tabel dan grafik pengguna Sepeda Motor Honda yang lewat Di Jl A Yani
Cilacap Pada hari Rabu 14 November 2012 dari jam 11.30-12.00
HONDA
|
|
Jenis
Motor
|
Banyak
Pengguna
|
Supra
|
70
|
Vario
|
41
|
Revo
|
40
|
Beat
|
29
|
Astrea
|
20
|
Blade
|
4
|
Scoopy
|
3
|
Binter
|
2
|
CBR
|
2
|
Megapro
|
2
|
TOTAL
|
215
|
Dari
grafik dan tabel tadi kita dapat menyimpulkan jumlah motor honda yang dipakai masyarakat
berjumlah 215. Dengan rincian Supra: 70 motor, Vario 41 motor, Revo 40 motor,
Beat 29 motor, Astrea 20 motor Blade 4, Scoopy 3, Binter 2, CBR 2 , Megapro 2.
Dengan begitu motor bertransmisi manual merk Honda yang paling banyak dipakai masyarakat
adalah Supra disusul Revo kemudian Astrea dan Blade serta CBR dan Binter.Dan
untuk kategori motor bertransmisi otomatis Honda yang paling banyak dipakai
masyarakat adalah Vario disusul Beat.
Berikut
spesifikasi beberapa motor yang paling banyak digunakan masyarakat
Dikutip
dari : http://www.astra-honda.com/index.php/product
Spesifikasi Honda Supra X 125 CW:
·
Panjang
X lebar X tinggi: 1.932 x 711 x 1.092 mm
·
Jarak
Sumbu Roda: 1.258 mm
·
Jarak
terendah ke tanah: 135 mm
·
Berat
kosong: 107 kg
·
Tipe
rangka: Tulang punggung
·
Tipe
suspensi depan: Teleskopik
·
Tipe
suspensi belakang: Lengan ayun dengan sokbreker ganda
·
Ukuran
ban depan: 70/90 � 17 M/C
38P
·
Ukuran
ban belakang: 80/90 � 17 M/C
44P
·
Rem
depan: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
·
Rem
belakang: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
·
Kapasitas
tangki bahan bakar: 5,6 liter
·
Tipe
mesin: 4 langkah, SOHC
·
Diameter
x langkah: 52,4 x 57,9 mm
·
Volume
langkah: 124,8 cc
·
Perbandingan
Kompresi: 9,3 : 1
·
Daya
Maksimum: 9,63 PS / 7.500 rpm
·
Torsi
Maksimum: 1,08 kgf.m / 5.500 rpm
·
Kapasitas
Minyak Pelumas Mesin: 0,7 liter pada penggantian periodik
·
Kopling
Otomatis:
·
Gigi
Transmsi: 4 kecepatan rotari / bertautan tetap
·
Pola
Pengoperan Gigi: N-1-2-3-4-N (rotari)
·
Starter:
Pedal dan elektrik
·
Aki:
MF 12 V � 3,0 Ah
·
Busi:
ND U20EPR9, NGK CPR6EA-9
·
Sistem
Pengapian: Full Transisterized, Battery
·
HARGA : Rp 12,875,000
Didapatkan kelebihan
dan kekurangan Supra X 125
Kelebihan Supra X 125 :
·
Mesinnya
125cc
·
Tarikan
pertamanya kencang kalau dirawat dengan benar
·
Bagasi
4,5 l
·
Lampu
belakang elegan
·
Irit oli
·
Speedometer
menggunakan backlamp
Kekurangan Supra X 125:
Kekurangan Supra X 125:
·
body
berat
·
body
tidak berbentuk body motor race
·
harganya
agak mahal sekitar 15 juta
·
suara
mesin agak kasar,
·
anak
kunci standar
·
suspensi
sangat keras
Spesifikasi Honda Revo CW:
- Panjang X lebar X tinggi: 1.919 x 709 x 1.080 mm
- Jarak Sumbu Roda: 1.227 mm
- Jarak terendah ke tanah: 135 mm
- Berat kosong: 98 kg
- Tipe rangka: Tulang punggung
- Tipe suspensi depan: Teleskopik
- Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan sokbreker ganda
- Ukuran ban depan: 70/90 - 17 M/C 38P
- Ukuran ban belakang: 80/90 - 17 M/C 44P
- Rem depan: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
- Rem belakang: Tromol
- Kapasitas tangki bahan bakar: 3,7 lt
- Tipe mesin: 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
- Diameter x langkah: 50 x 55,6 mm
- Volume langkah: 109,1 cc
- Perbandingan Kompresi: 9,0 :1
- Daya Maksimum: 8,46 PS/7.500 rpm
- Torsi Maksimum: 0,86 kgf.m/5.500 rpm
- Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,8 lt pada pergantian periodik
- Kopling Otomatis: Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
- Gigi Transmsi: 4 kecepatan bertautan tetap
- Pola Pengoperan Gigi: N - 1 - 2 - 3 - 4 - N
- Starter: Pedal dan Elektrik
- Aki: MF 12 V - 3 Ah
- Busi: ND U20EPR9S, NGK CPR6EA-9S
- Sistem Pengapian: DC-CDI, Battery
·
HARGA : Rp 12,875,000
Honda revo
adalah salah satu varian motor bebek yang banyak dibeli oleh masyarakat
pengguna motor. Honda revo mulai diproduksi dan dipasarkan sekitar tahun 2008.
Motor honda revo banyak dibeli oleh konsumen karena memiliki banyak keunggulan
atau kelebihan.
Kelebihan Motor Revo :
·
Honda
Revo sangat irit dalam pemakaian Bensin. (motor yang termasuk irit BBM)
·
Honda
revo juga punya harga yang cukup murah. Hanya dijual dikisaran 10-11 jutaan.
·
Jika
anda punya honda Revo, membersihkan motor ini terbilang mudah karena
celah-celah di mesin sedikit. Sehingga motor Revo akan terus kinclong.
·
Honda
Revo sangat nyaman dipakai untuk berboncengan, apalagi kalau mau bepergian
jarak jauh. Sadel motor ini, serasa duduk di mobil keluarga.
·
Honda
Revo pun tak kalah jika diadu kecepatannya dengan motor sejenis di kelasnya.
·
Dan
yang terakhir adalah sangat awet, apalagi jika pemeliharaannya bagus.
·
Ground
clearance nya lumayan tinggi. Nggak perlu kuatir ketika lewat polisi tidur
maupun ketika menikung dengan kemiringan tajam.
·
Cukup
lincah untuk main kelak-kelok. Karena bodinya yang kurus. Handling nya bagus
didukung dengan setang yang menekuk bergaya racing.
Kekurangannya
·
Akselerasi
yang lambat. Wajar saja karena bore x stroke nya hanya 50mm x 49,5mm
·
Aerodinamika kurang baik sehingga mudah
goyang. Ini karena bodi pada bagian bebeknya terlalu kurus
·
Sok absorber pada roda belakang terlalu lunak
sehingga ketika melibas tikungan pada jalan bergelombang, terasa sedikit
kehilangan traksi akibat gaya pegas yang ditimbulkan.
·
Ujung
bodi belakang akan longgar kalau sering-sering dibuka.
Spesifikasi Honda VARIO CW:
·
Panjang X lebar X tinggi: 1.897 x 680 x 1.083 mm
·
Jarak Sumbu Roda: 1.273 mm
·
Jarak terendah ke tanah: 132.5 mm
·
Berat kosong: 99,3 kg
·
Tipe rangka: Tulang punggung
·
Tipe suspensi depan: Teleskopik
·
Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan
sokbreker tunggal
·
Ukuran ban depan: 80/90 - 14 M/C 40P
·
Ukuran ban belakang: 90/90 - 14 M/C 46P
·
Rem depan: Cakram hidrolik dengan piston ganda
·
Rem belakang: Tromol
·
Kapasitas tangki bahan bakar: 3,6 liter
·
Tipe mesin: 4 langkah, SOHC pendinginan dengan
cairan
·
Diameter x langkah: 50 x 55 mm
·
Volume langkah: 108 cc
·
Perbandingan Kompresi: 10,7 : 1
·
Daya Maksimum: 8,99 PS/8.000 rpm
·
Torsi Maksimum: 0,86 kgf.m/6.500 rpm
·
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,7 liter pada
penggantian periodik
·
Kopling Otomatis: otomatis, sentrifugal, tipe
kering
·
Gigi Transmsi: Otomatis V-Matic
·
Pola Pengoperan Gigi: -
·
Starter: Pedal dan Elektrik
·
Aki: 12 V - 3,5 Ah
·
Busi: ND U22FER9, NGK CR7EH-9
·
Sistem Pengapian: DC-CDI, Baterai
·
HARGA : Rp 14,450,000
Kita
melihat kelebihan dan kekurangan Honda Vario
Kelebihannya:
·
Liquid Cooling sehingga
motor lebih dingin
·
hemat
Kelemahannya:
·
Mesinnya 110 CC
·
Mahal
·
Hemat
Spesifikasi Honda BeAT CW:
·
Panjang
X lebar X tinggi: 1.859 x 676 x 1053 mm
·
Jarak
Sumbu Roda: 1240 mm
·
Jarak
terendah ke tanah: 156 mm
·
Berat
kosong: 89,3 kg
·
Tipe
rangka: Tulang punggung
·
Tipe
suspensi depan: Teleskopik
·
Tipe
suspensi belakang: Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
·
Ukuran
ban depan: 80/90 - 14 M/C 40P
·
Ukuran
ban belakang: 90/90 - 14 M/C 46P
·
Rem
depan: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
·
Rem
belakang: Tromol
·
Kapasitas
tangki bahan bakar: 3,5 liter
·
Tipe
mesin: 4 langkah, OHC pendingin udara
·
Diameter
x langkah: 50 x 55 mm
·
Volume
langkah: 108 cc
·
Perbandingan
Kompresi: 9,2 : 1
·
Daya
Maksimum: 8,22 PS/8.000 rpm
·
Torsi
Maksimum: 0,85 kgf.m/5.500 rpm
·
Kapasitas
Minyak Pelumas Mesin: 0,7 liter pada penggantian periodik
·
Kopling
Otomatis: otomatis, sentrifugal, tipe kering
·
Gigi
Transmsi: Otomatis V-Matic
·
Pola
Pengoperan Gigi: -
·
Starter:
Pedal dan Elektrik
·
Aki:
MF 12 V - 3 Ah
·
Busi:
ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
·
Sistem
Pengapian: DC-CDI, Baterai
·Harga Rp 12,650,000
Dari Sumber : http://destinationheavenindonesia.blogspot.com/2010/04/keunggulan-kelemahan-honda-beat-versi.html
Kita mendapatkan kelebihan dan
kekurangan honda BeAT
Kelebihannya:
·
Logonya bagus, strippingnya sederhana dan tidak norak.
·
Bodi ditengah ada space lega yang bisa dipakai buat bawa-bawa
·
Selain itu Ada gantungan bawaan untuk membawa tas atau barang
lain.
·
Ada bagasi kecil dibodi sayap motor
·
Lampunya mewah, besar dan futuristik
·
Kunci ganda
·
Tampilan speedometernya cukup sederhana dimalam hari juga
jelas tampilan speedometernya
·
Standar Otomatis (mesin akan otomatis mati jika standar
samping diturunkan) dan tidak bisa hidup jika standar samping masih diturunkan
( Mencegah kelupaan menaikkan standar)
·
Motor Pendek sehingga
nyaman untuk semua orang baik tinggi atau pendek.
Kekurangannya
·
Bagasi Kecil
·
masih karburator (relatif lbh boros drpd yg sudah injeksi),
·
suara starter kasar
1.2 Yamaha
Setelah
tadi kita megulas motor honda sekarang mari kita lihat tabel dan grafik
pengguna Sepeda Motor Yamaha yang lewat
Di Jl A Yani Cilacap Pada hari Rabu 14 November 2012 dari jam 11.30-12.00.
Jumlah kendaraan Yamaha yang lewat adalah 100
Merek Yamaha (http://forum.kompas.com/motor-corner/70188-kelemahan-dan-keunggulan-motor-yamaha-vixion.html)
Berdasarkan sumber yang dirujuk atau dikeluarkan oleh pihak Yamaha
mempunyai karakter sebagai berikut :
A. Kelemahan dan keunggulan Yamaha
Vixion
Berikut ini beberapa kelemahan dan keunggulan motor vixion,
adalah sebagai berikut.
Kelemahan:
Kelemahan:
·
Shock
breker yang terlalu empuk,membuat sedikit oleng ketika dipake berkelok atau
menikung
·
Elektrik
starter yang sering macet, terutama jika terkena air, paling sering mati. Jadi
harus menggunakan kick starter.
·
Sistem
oper gigi yang susah di netralin, bahkan ada juga yang susah masuk ke gigi 2
·
Munculnya
karat pada sambungan sambungan rangka, membuat tampilan yang sebelumnya
kelihatan gahar menjadi ringkih.
·
Fuel
pumpnya, terkadang bermasalah kalau terlalu lama kena terik matahari.
keunggulan:
·
Performa.
Akselerasinya lebih terasa diputaran menengah ke atas yakni di atas 6000 rpm.s
·
Konsumsi
BBM. Sistem bahan bakar injeksi mampu menuplai campuran gas lebih akurat
membuat konsumsi bensin jadi lebih irit dan efisien.
·
Bagi
anak muda, penampilan vixion sangat mudah untuk dilakukan modifikasi
·
Teknologi.
Radiator dan juga sistem injeksi
·
Harga
jual kembali yang cukup tinggi, mengingat besarnya order pada motor baru.
2.3 Suzuki
Setelah
tadi kita megulas motor Honda dan Yamaha sekarang mari kita lihat jumlah pengguna
Sepeda Motor Suzuki yang lewat Di Jl A Yani Cilacap Pada hari Rabu 14
November 2012 dari jam 11.30-12.00. Kendaraan Suzuki yang lewat adalah 19
Merek Suzuki
Berdasarkan
sumber yang dirujuk atau dikeluarkan oleh pihak Honda mempunyai karakter
sebagai berikut :
A.Kelemahan
dan kelebihan Zuzuki Thunder
Kelebihan Suzuki Thunder 125cc (http://masdoe.com/kelemahan-dan-kelebihan-suzuki-thunder-125cc.htm)
1.
Harganya
relative terjangkau untuk motor sport antara 120cc-125cc
2.
Nyaman
untuk di gunangan dalam kota, dan juga nyaman digunakan untuk touring
3.
Ukuran
tangki bahan bakar lebih besar, jadi tidak perlu mondar mandir ke Pom Bensi
4.
Cukup
irit untuk varian motor laki
Kekurangan Suzuki Thunder 125cc (http://newbiealwayslearn.blogspot.com/2011/07/kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-thunder.html)
1.
Tak
bisa lari kencang, tarikan kurang, karena rasio daya mesin dan bobot badan
terlalu kecil
2.
Rem
belakang masih tromol, tapi bisa diganti rem cakram.
3.
Peredam-kejut
(shock-breaker) masih biasa saja, tapi bisa diganti dengan yang canggih.
4.
Tak
ada sistem pengaman (security) untuk pencurian, harus ditambahkan sendiri
5.
Lampu
belok (sign lamp) tak otomatis padam sendiri
6.
Kelistrikan
kurang canggih, tapi gampang dimodifikasi.
2.4 Merk Lain
Setelah
tadi kita megulas motor Honda dan Yamaha serta Suzuki sekarang mari kita lihat
tabel jumlah pengguna Sepeda Motor Merk Lain
yang lewat Di Jl A Yani Cilacap Pada hari Rabu 14 November 2012 dari jam
11.30-12.00. Jumlah Kendaraan suzuki yang lewat adalah 19 .
Vespa
|
3
|
Kawasaki
|
12
|
Merk Lain
|
12
|
1.1)
Merek Kawasaki
Berdasarkan sumber yang dirujuk atau dikeluarkan oleh pihak Honda
mempunyai karakter sebagai berikut :
A. Kelemahan
dan kelebihan Kawasaki Athlete 2011
Kelebihan Kawasaki
Athlete 2011
·
Tangki ada di depan
·
Stabil untuk ukuran motor bebek
·
Monoshock empuk
·
Disk branke depan belakang
·
Bentuk unik bebek sporty
·
Lampu belakang dan depan design keren
·
Parsneling gigi yang empuk
·
Setang jepit bisa ganti variasi, tinggi atau pendek
·
Harga terjangkau
·
Tarikan di rpm atas 100 kpj gigi 3
·
Lebih irit
Kekurangan Suzuki Athlete 2011
·
Ban standar ax licin
·
Jok keras dan licin
·
Mesin getar dan berat
·
Tidak ada indicator parsneling
·
Tidak ada penunjuk bensi, hanya ada lampu indicator bensi
·
Tidak ada takometer
·
Tidak ada jenis kopling manual
·
Rem kurang pakem
1.2)
Merek Vespa
A.Kelebihan
Vespa dari motor lainnya (http://felikaito.blogspot.com/2012/03/kelebihan-motor-vespa-dibanding-motor.html)
Vespa
adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan
induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai
saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter
konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang
unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang
diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan
klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di
Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok.dan vespa
menjadi salah satu alat transportasi yang modern sampai saat ini. Vespa juga
termasuk alat transportasi yang ekonomis, karena harganya yang relatif murah
tapi tetap berkualitas. akhir-akhir ini pula vespa mulai mengeluarkan produk
baru nya yaitu vespa matic. Kini vespa sudah menjadi salah satu motor antik dan
awet dalam hal mesin. Kabarnya motor ini memiliki kelebihan dibandingkan sepeda
motor lainnya. Katanya kebanyakan orang sih setelah menaiki dan mengendarai
motor ini nyaman dan aman saat berkendara, dikarenakan body dan capnya buku
besar untuk menjaga keseimbangan motor ini.
Kelebihan dari motor vespa dibanding motor lainnya.
Kelebihan dari motor vespa dibanding motor lainnya.
- Konstruksi mesin lebih sederhana
- Tingkat perawatan mesin lebih mudah karena tidak memerlukan mekanisme katup untuk pengaturan pemasukan bahan bakar maupun pembuangan gas sisa pembakaran
- Pemakaian oli mesin (oli transmisi) lebih hemat karena oli mesin tidak melumasi komponen pembakaran
- Tarikan/akselerasi spontan
- Sistem pendingin mesin menggunakan udara yang diatur oleh “rotor with fan” sehingga lebih stabil sesuai dengan tingkat kecepatan mesin
- Sistem penggerak tenaga langsung (sistem transmisi roda gigi) tanpa perantara rantai sehingga efesiensi tenaga lebih besar sehingga daya tanjaknya lebih kuat
- Pengemudi terbebas dari panas mesin karena seluruh mesin tertutup sehingga tingkat kenyamanan saat mengendarai lebih terjamin
- Dalam kondisi medan berair/berlumpur kaki terbebas dari percikan air/lumpur karena dilengkapi dengan lantai/dek
- Dilengkapi dengan roda cadangan sehingga bila salah satu ban kempes/bocor bisa langsung diganti
- Ban depan dan ban belakang bisa saling tukar sekaligus dengan peleknya
Bab 3
Kesimpulan dan
saran
Setelah tadi kita
melihat jumlah serta kekurangan dan kelebihannya masing masing motor kami
menyimpulkan:
MERK
|
BANYAKNYA
|
HONDA
|
215
|
Yamaha
|
100
|
Suzuki
|
19
|
Kawasaki
|
9
|
Vespa
|
3
|
Merk Lain
|
12
|
TOTAL
|
358
|
Sesuai
Pilihan Masyarakat maka Honda menjadi pilihan masyarakat yang utama.
Selain Cocok di kantong juga lumayan untuk
perfomanya. Pilihan kedua adalah Yamaha. Kedua motor tersebut saling bersaing
untuk menjadi pilihan masyarakat. Perbedaannya hanya di merk. Sebenarnya motor
apapun kalau tidak bisa merawat pasti jelek. Kuncinya adalah di perawatan.
Komentar
Posting Komentar
Silahkan berkomentar memberi pendapat yang berhubungan
Sampaikan pertanyaan anda apabilla ada yang ingin ditanyakan
Sampaikan Saran dan kritik yang membangun
• DILARANG Spamming
• DILARANG Menaruh link porno
• DILARANG Menaruh link Judi
• DILARANG Menaruh link MLM
untuk promosi blog silahkan gabung di https://www.facebook.com/groups/bloggerindoID/
Atas Perhatian dan kerjasamanya saya mengucapkan terimakasih