Langsung ke konten utama

LAPORAN SOSIOLOGI HASIL SURVEY PENGARUH IKLAN TERHADAP MASYARAKAT

A.Latar Belakang
Iklan (advertismentadalah suatu bujukan baik berupa visual maupun audio yang bertujuan agar seseorang membeli suatu produk / menggunakan suatu jasa tertentu
Di jaman modern ini banyak sekali iklan bertebaran ; di televisijalan, internet,  koranmajalah, tabloid, dan media massa lainnyaHal ini terkadang menyebabkan kita salah dalam memilih suatu produk. Maka kitaharus menjadi pembeli yang pintar, yang tidak  asal beli karena iklannya bagus serta sadar akan kualitas dan harga.
Tujuan:  Mengetahui Seberapa besar pengaruh iklan terhadap  responden dan juga alasan mengapa sesorang memilih suatu produk tertentu.


B.  Metode Pengumpulan Data
1.      Waktu
Adapun waktu pengumpulan data sebagai berikut :
§  Hari/Tanggal : Rabu 12 Februari 2014 – Rabu 19 Februari 2014

2.      Cara Kerja:
·         Wawancara terhadap setiap responden untuk mengumpulkan data
·         Atau membuat kuesioner berupa lembaran / secara virtual di internet untuk diisi










C.  Data dan Analisis
Berdasarkan data yang kami peroleh berikut adalah analisisnya:
I.                  Pengaruh Iklan
Pengaruh Iklan Terhadap Responden
Variabel
Jumlah
Pernah  Menjadi Korban Iklan
89 orang
Tidak  Pernah Menjadi Korban Iklan
22 orang
Total  Responden
111 orang


Dari 111 responden yang bersedia disurvey yang menyatakan mereka pernah menjadi korban iklan sebanyak 89 orang(80%) dan yang tidak pernah menjadi korban iklan sebanyak 22 orang(20%) . 

II.                 Alasan Seseorang Membeli Suatu Produk
Alasan Mengapa Orang Membeli Produk Tertentu
Variabel
Jumlah
Merk
24
Harga
29
Kualitas
34
Fitur
7
Perlu
13
Hadiah
2
Unik
9
Diskon
12
Pingin
21
Total
151
Dari  151 (100%) variabel yang masuk sebanyak 24  (16%) membeli karena merk , sebanyak 29 (19%) membeli karena harga , sebanyak 34 (22%) membeli karena kualitassebanyak 7 (5%) membeli karena fitursebanyak 13 (9%) membeli karena perlu , sebanyak 2 (1%) membeli karena hadiah , sebanyak 9(6%) membeli karena unik , sebanyak 12(8%) membeli karena diskonsebanyak 21 (14%) membeli karena ingin saja.

D. Kesimpulan
Dari  data diatas dapat disimpulkan bahwa sebanyak 80 % dari responden pernah terpengaruh oleh iklanKemudian sebanyak 14 % dari 151 jumlah variabel yang dikumpulkan menunjukkan bahwa merekamembeli karena hanya ingintanpa disertai tujuan dan kriteria yang jelas. Namun hal  ini diimbangi dengan variabel “kualitas” yang menjadi variabel alasan yang dipilih paling banyak. Saran dari kami: Kita semuanyasebaiknya lebih selektif dalam membeli produkmemilih sutatu produk  dari segi kualitas  kemudian harga dan baru faktor lainnyaJadilah Pembeli yang Cerdas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah MUTU SOLAR SEBAGAI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL

BAB I PENDAHULUAN 1.1.         Latar Belakang              Bahan bakar solar adalah bahan bakar minyak hasil sulingan dari minyak bumi mentah bahan bakar ini berwarna kuning coklat yang jernih (Pertamina: 2005). Penggunaan solar pada umumnya adalah untuk bahan bakar pada semua jenis mesin Diesel dengan putaran tinggi (diatas 1000 rpm). Minyak solar ini  biasa disebut juga Gas Oil, Automotive Diesel Oil, High Speed Diesel  (Pertamina: 2005). 1.2.           Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan dari Karya Tulis ini   adalah untuk : -           Mngetahui definisi solar -           Mengetahui cara pengukuran Cetane Number -           Mengetahui apa itu Cetane Numer -   ...

Makalah Fisika Entropi

ENTROPI DISUSUN OLEH: Nyoman Chandra (13) XI MIA 1 SMA YOS SUDARSO CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN 1.1.          Latar Belakang             Dalam mempelajari fisika banyak istilah yang digunakan untuk mendiskripsikan suatu hal. Salah satunya dalah entropi. Untuk lebih memahami pengguanaan istilah entropi dan penerapannya maka ada perlunya kita mempelajari istilah tersebut 1.2.          Rumusan Masalah 1.       Apa yang dimaksud entropi? 2.       Bagaimana proses penemuan istilah entropi ? 3.       Bagaimana penerapan entropi dalam kehidupan sehari hari? 1.3.          Tujuan Penulisa...

Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan

Bertanya menurut KBBI artinnya meminta keterangan (penjelasan dan sebagainya); meminta supaya diberi tahu (tentang sesuatu):, biasanya kegiatan bertanya ini dilakukan oleh seseorang yang mengalami kebingungan atau keraguan terhadap suatu hal atau ia ingin tahu terhadap sesuatu, dengan harapan agar dirinya mengerti dan tidak ragu lagi terhadap hal yang tadinya dia bingungkan. Sebagai makhluk sosial sudah sewajarnya bagi kita untuk melakukan aktivitas bertanya dalam kehidupan sehari hari agar nggak sesat di jalan, karena dengan bertanya kita mendapatkan informasi baru  , atau memperjelas informasi yang telah kita dapat sebelumnya yang pastinya berguna. Dengan bertanya kita dapat menghindari berbagai ketidakpastian dan ketidakraguan dalam berbagai hal.Sesuai judul "Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan" Sebagai Contoh: seorang pelajar yang diberi tugas untuk mengerjakan latihan soal halaman 23-26 di kertas dan dikumpulkan, namun setelah dilihat, latihan soal tersebut terbagi men...