Langsung ke konten utama

LAPORAN SOSIOLOGI HASIL SURVEY PENGARUH IKLAN TERHADAP MASYARAKAT

A.Latar Belakang
Iklan (advertismentadalah suatu bujukan baik berupa visual maupun audio yang bertujuan agar seseorang membeli suatu produk / menggunakan suatu jasa tertentu
Di jaman modern ini banyak sekali iklan bertebaran ; di televisijalan, internet,  koranmajalah, tabloid, dan media massa lainnyaHal ini terkadang menyebabkan kita salah dalam memilih suatu produk. Maka kitaharus menjadi pembeli yang pintar, yang tidak  asal beli karena iklannya bagus serta sadar akan kualitas dan harga.
Tujuan:  Mengetahui Seberapa besar pengaruh iklan terhadap  responden dan juga alasan mengapa sesorang memilih suatu produk tertentu.


B.  Metode Pengumpulan Data
1.      Waktu
Adapun waktu pengumpulan data sebagai berikut :
§  Hari/Tanggal : Rabu 12 Februari 2014 – Rabu 19 Februari 2014

2.      Cara Kerja:
·         Wawancara terhadap setiap responden untuk mengumpulkan data
·         Atau membuat kuesioner berupa lembaran / secara virtual di internet untuk diisi










C.  Data dan Analisis
Berdasarkan data yang kami peroleh berikut adalah analisisnya:
I.                  Pengaruh Iklan
Pengaruh Iklan Terhadap Responden
Variabel
Jumlah
Pernah  Menjadi Korban Iklan
89 orang
Tidak  Pernah Menjadi Korban Iklan
22 orang
Total  Responden
111 orang


Dari 111 responden yang bersedia disurvey yang menyatakan mereka pernah menjadi korban iklan sebanyak 89 orang(80%) dan yang tidak pernah menjadi korban iklan sebanyak 22 orang(20%) . 

II.                 Alasan Seseorang Membeli Suatu Produk
Alasan Mengapa Orang Membeli Produk Tertentu
Variabel
Jumlah
Merk
24
Harga
29
Kualitas
34
Fitur
7
Perlu
13
Hadiah
2
Unik
9
Diskon
12
Pingin
21
Total
151
Dari  151 (100%) variabel yang masuk sebanyak 24  (16%) membeli karena merk , sebanyak 29 (19%) membeli karena harga , sebanyak 34 (22%) membeli karena kualitassebanyak 7 (5%) membeli karena fitursebanyak 13 (9%) membeli karena perlu , sebanyak 2 (1%) membeli karena hadiah , sebanyak 9(6%) membeli karena unik , sebanyak 12(8%) membeli karena diskonsebanyak 21 (14%) membeli karena ingin saja.

D. Kesimpulan
Dari  data diatas dapat disimpulkan bahwa sebanyak 80 % dari responden pernah terpengaruh oleh iklanKemudian sebanyak 14 % dari 151 jumlah variabel yang dikumpulkan menunjukkan bahwa merekamembeli karena hanya ingintanpa disertai tujuan dan kriteria yang jelas. Namun hal  ini diimbangi dengan variabel “kualitas” yang menjadi variabel alasan yang dipilih paling banyak. Saran dari kami: Kita semuanyasebaiknya lebih selektif dalam membeli produkmemilih sutatu produk  dari segi kualitas  kemudian harga dan baru faktor lainnyaJadilah Pembeli yang Cerdas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbanyak Followers Blog (blospot atau blogger)

Mungkin anda bingung bagaimana  Cara Menambah Followers Blog  yang paling efektif serta tepat sasaran   Nah, Tips Menambah Followers Blog ini akan saya bagikan disini Tentunya semua orang  ingin blognya banyak followers. Blog dipenuhi dengan banyaknya orang - orang yang memfollow blog kita. Blog kita akan  terlihat kerkenal dan juga banyak tidaknya followers blog itu tidak mempengaruhi rank dari blog kita dalam pencarian di google Follower juga akan sedikit menbantu SEO ( Search Engine Optimation ). Tapi lebih baik dan lebih bagus jika followers blog kita itu banyak, mungkin dengan itu semua blog kita bisa dinilai orang - orang  bahwa blog kita itu Selain itu orang yang memfollow kita bia melihat dari dashboardnya tentang posting terbaru kita Cara meningkatkan jumlah followers blog  ini juga membuat blog kita semakin Terkenal atau Populer. Nah, Bagaimana caranya ? saya membagikan artikel tentang Cara Menambah Followers Blog ini un...

Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Seorang Scooterist

Sekedar iseng-iseng nulis berdasarkan pengalaman pribadi tentang kebiasaan-kebiasaan buruk yang gak boleh kita lakukan sebagai scooterist. 1.Tidak membawa toolkit,cadangan spare parts dan ban serep Ada anggapan kalau naik vespa gak bawa toolkit itu sama dengan bunuh diri.Mungkin hal itu ada benarnya     karena bayangin kalau lagi di tengah hutan belantara malem-malem trus mogok dan gak bawa toolkit tebak aja jadinya. Bisa-bisa nginep bareng sama kuntilanak tuh. Tidakmembawa ban serep juga akibatnya hampir sama dengan tidak membawa toolkit dan cadangan spare part. Dan ditambah lagi harus dorong vespa yang berat karena ban kempes ke tukang tambal ban terdekat 2.Membiarkan karet bodi aus Karet bodi aus membuat posisi mesin menjadi miring sehingga kalau dinaikin vespa jadi terasa berat sebelah. Kalau lagi turing hal ini lama kelamaan akan membebani dan bikin cepat lelah. 3.Menceperkan vespa dengan mencopot engine mounting Hal ini perlu dihindari karena dengan mencopot engine ...

Makalah Pengantar Sistem Informasi - Transaction Processing System

Transaction Processing System       Transaction Processing Systems (TPS) Sistem informasi komputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS menghapus rasa bosan saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komputer secara manual. Transaction Processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Karena manajer melihat data-data yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai apa yang terjadi di perusahaan mereka.       Hal ini kemudian menjadi sangat penting bagi operasi bisnis dari hari ke hari agar sistem-sistem ini dapat berfungsi dengan lancar dan tanpa interupsi sama sekali. Transaction processing systems mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seper...