A.Latar Belakang
Iklan (advertisment) adalah suatu bujukan baik berupa visual maupun audio yang bertujuan agar seseorang membeli suatu produk / menggunakan suatu jasa tertentu
Di jaman modern ini banyak sekali iklan bertebaran ; di televisi, jalan, internet, koran, majalah, tabloid, dan media massa lainnya. Hal ini terkadang menyebabkan kita salah dalam memilih suatu produk. Maka kitaharus menjadi pembeli yang pintar, yang tidak asal beli karena iklannya bagus serta sadar akan kualitas dan harga.
Tujuan: Mengetahui Seberapa besar pengaruh iklan terhadap responden dan juga alasan mengapa sesorang memilih suatu produk tertentu.
B. Metode Pengumpulan Data
1. Waktu
Adapun waktu pengumpulan data sebagai berikut :
§ Hari/Tanggal : Rabu 12 Februari 2014 – Rabu 19 Februari 2014
2. Cara Kerja:
· Wawancara terhadap setiap responden untuk mengumpulkan data
· Atau membuat kuesioner berupa lembaran / secara virtual di internet untuk diisi
C. Data dan Analisis
Berdasarkan data yang kami peroleh berikut adalah analisisnya:
I. Pengaruh Iklan
Pengaruh Iklan Terhadap Responden
| |
Variabel
|
Jumlah
|
Pernah Menjadi Korban Iklan
|
89 orang
|
Tidak Pernah Menjadi Korban Iklan
|
22 orang
|
Total Responden
|
111 orang
|
Dari 111 responden yang bersedia disurvey yang menyatakan mereka pernah menjadi korban iklan sebanyak 89 orang(80%) dan yang tidak pernah menjadi korban iklan sebanyak 22 orang(20%) .
II. Alasan Seseorang Membeli Suatu Produk
Alasan Mengapa Orang Membeli Produk Tertentu
| |
Variabel
|
Jumlah
|
Merk
|
24
|
Harga
|
29
|
Kualitas
|
34
|
Fitur
|
7
|
Perlu
|
13
|
Hadiah
|
2
|
Unik
|
9
|
Diskon
|
12
|
Pingin
|
21
|
Total
|
151
|
Dari 151 (100%) variabel yang masuk sebanyak 24 (16%) membeli karena merk , sebanyak 29 (19%) membeli karena harga , sebanyak 34 (22%) membeli karena kualitas, sebanyak 7 (5%) membeli karena fitur, sebanyak 13 (9%) membeli karena perlu , sebanyak 2 (1%) membeli karena hadiah , sebanyak 9(6%) membeli karena unik , sebanyak 12(8%) membeli karena diskon, sebanyak 21 (14%) membeli karena ingin saja.
D. Kesimpulan
Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa sebanyak 80 % dari responden pernah terpengaruh oleh iklan. Kemudian sebanyak 14 % dari 151 jumlah variabel yang dikumpulkan menunjukkan bahwa merekamembeli karena hanya ingin, tanpa disertai tujuan dan kriteria yang jelas. Namun hal ini diimbangi dengan variabel “kualitas” yang menjadi variabel alasan yang dipilih paling banyak. Saran dari kami: Kita semuanyasebaiknya lebih selektif dalam membeli produk, memilih sutatu produk dari segi kualitas kemudian harga dan baru faktor lainnya. Jadilah Pembeli yang Cerdas.
Komentar
Posting Komentar
Silahkan berkomentar memberi pendapat yang berhubungan
Sampaikan pertanyaan anda apabilla ada yang ingin ditanyakan
Sampaikan Saran dan kritik yang membangun
• DILARANG Spamming
• DILARANG Menaruh link porno
• DILARANG Menaruh link Judi
• DILARANG Menaruh link MLM
untuk promosi blog silahkan gabung di https://www.facebook.com/groups/bloggerindoID/
Atas Perhatian dan kerjasamanya saya mengucapkan terimakasih